Tips Menjadi Pelari Untuk Pemula

Tips Menjadi Pelari Untuk Pemula

Sport Comments Off 7

Tips Menjadi Pelari Untuk PemulaOlahraga yang murah dan dapat dilakukan oleh siapapun adalah berlari. Ya, olahraga ini memang tidak menuntut keterampilan khusus atau teknik-teknik yang sulit dipelajari. Namun bagaimana untuk lari marathon? Untuk bisa berlari jarak jauh maka seseorang memerlukan pembiasaan diri bergerak aktif dan juga terbiasa olahraga lari. Hal ini pun juga berlaku untuk para pemula yang ingin giat mengikuti acara-acara perlombaan lari. Baik lomba lari jarak pendek maupun jarak jauh, pelari pemula memerlukan latihan terlebih dahulu.

Jika Anda ingin menjadi pelari yang kuat, sehat, dan bisa mengikuti berbagai acara perlombaan lari, ada baiknya Anda mengetahui tips menjadi pelari untuk pemula berikut ini.

  • Mulai Dengan Berjalan Kaki

Terdengar remeh memang namun hal ini menjadi poin pertama yang harus dilakukan. Bagi yang tidak biasa berlari, mengawali dengan biasa berjalan kaki menjadi penting untuk membangun stamina diawal demi komitmen berlari yang terus terjaga. Hal ini dikatakan penting karena biasanya banyak orang yang hanya menggebu-gebu berlari diawal saja namun ketika tidak membangun stamina secara perlahan maka akan mudah kelelahan dan akhirnya menyerah. Maka dari itu, mulailah dengan membiasakan berjalan kaki. Setidaknya, setiap hari lakukan jalan kaki selama 30 menit tanpa henti.

  • Mulai Berlari Diimbangi Berjalan

Jika berjalan kaki sudah terasa mudah dan tidak kelelahan, maka bisa dimulai untuk berlari. Tetapi yang perlu diingat, mulai berlari pertama kali janganlah menentukan target untuk bisa lari dengan jarak yang panjang. Ada baiknya untuk mengimbangi antara lari dan juga berjalan untuk terus membangun stamina dan kebugaran. Lakukan kegiatan ini hingga benar-benar terbiasa dan tidak merasakan lelah untuk berlari. Baru setelahnya, Anda bisa naikan frekuensi jarak berlari.

  • Lari lambat

Berlari untuk pemula lebih mementingkan stamina dan kebugaran. Para pemula tidak seharusnya untuk berlatih kecepatan diawal latihan karena bisa sangat melelahkan dan berisiko cedera. Seberapa lambatkah? Anda bisa rasakan napas Anda ketika berlari. Jika terengah-engah maka harus menurunkan lagi kecepatan lari Anda.

  • Mencari Dorongan Dari Luar

Membiasakan diri dari mulai biasa berjalan kaki hingga berlatih berlari sangat rentan mengalami kebosanan dan tidak lagi memiliki semangat untuk berlari. Hal ini karena untuk membangun stamina dan kebugaran memang tidak bisa dalam waktu singkat. Untuk itu, perlu sekali mencari dorongan semangat dari luar misalnya mencari teman yang juga mau belajar berlari, masuk komunitas pelari, atau masuk ke dalam forum-forum berlari di dunia maya. Dengan begitu, Anda bisa saling menceritakan pengalaman dan besar kemungkinan pula akan mendapatkan ilmu baru yang tentunya bisa membuat Anda selalu termotivasi untuk berlari.

  • Coba Mengikuti Perlombaan

Jika telah menikmati olahraga ini, Anda bisa mulai untuk mencoba mengikuti perlombaan. Yang perlu diingat, mulailah dengan mengikuti perlombaan jarak pendek terlebih dahulu. Lomba lari jarak pendek 5K sangat cocok untuk mengukur kekuatan Anda.

Back to Top