Membuat Sendiri Aneka Game di Rumah

Membuat Sendiri Aneka Game di Rumah

Game Comments Off 6

Membuat Sendiri Aneka Game di RumahSetiap anak anak kecil pasti senang bermain, masing-masing dari mereka pasti memiliki aneka game yang menjadi favorit mereka. Karena alasan tersebut, maka sering kali anak selalu meminta untuk dibelikan mainan baru atau minta untuk didownloadkan game kesenangannya. Jika orang tua tidak bisa mengendalikan perilaku sang anak yang seperti itu, maka tentu akan menimbulkan dampak negatif bagi anak maupun bagi orang tua. Sebagai contoh adalah akan menjadikan anak manja karena setiap keinginannya harus dituruti, anak menjadi konsumtif, dan sebagian besar waktu anak hanya akan digunakan untuk bermain. Sedangkan bagi orang tua adalah akan membengkaknya pengeluaran yang digunakan hanya untuk membeli permainan ataupun membayar biaya internet untuk mendownload game sang anak, serta orang tua akan kesulitan untuk berinteraksi dengan anak karena anak terlalu asyik dengan permainannya tersebut.

 

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka sebagai orang tua yang cerdas dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut. Orang tua harus mampu mengontrol aneka game yang diminta sang anak. Agar orang tua dapat menghemat pengeluaran dana untuk membeli mainan anak, maka orang tua dapat melatih anak untuk belajar hidup hemat dengan tidak sering-sering membeli mainan atau mendownload game baru. Orang tua harus mampu bersikap tegas dan menjadi panutan bagi anak. Untuk mengalihkan perhatian anak dari game maka orang tua dapat mengajak anak untuk melakukan permainan keluarga seperti bermain petak umpet, bermain congklak, menyusun puzzle bersama dan lain-lain. Selain itu orang tua juga bisa mengajak anak untuk membuat aneka game sendiri dari bahan-bahan yang sederhana. Dengan begitu orang tua akan dapat menghemat pengeluaran dana serta melalui kegiatan tersebut akan mampu untuk menciptakan bonding antara orang tua dengan anak.

 

Aneka game yang dapat dibuat sendiri di rumah seperti membuat mobil-mobilan dari kardus bekas, membuat layang-layang dari koran bekas, membuat plastisin tiruan dari bahan tepung terigu yang dicampur dengan tepung kanji dan air, membuat boneka dari kain perca, membuat boneka tangan dari kaus kaki yang sudah tidak terpakai, membuat miniatur dari koran bekas, dan lain sebagainya. Sebagai contoh adalah untuk membuat boneka dari kain perca maka bahan yang dibutuhkan adalah sisa-sisa kain yang sudah tidak terpakai, dakron, benang, jarum, dan bahan lain yang ingin Anda tambahkan sebagai asesoris. Anda hanya perlu membuat pola bentuk boneka yang ingin dibuat, misalnya Anda ingin membuat boneka berbentuk bola maka hanya perlu membuat cetakan berbentuk lingkaran. Setelah itu jahit dengan tangan satu-persatu potongan kain yang sudah tidak terpakai tersebut hingga berbentuk bulat, namun jangan ditutup pada semua sisi, sisakan satu sisi untuk mengisi dakron. Setelah dakron sudah terisi penuh, maka selanjutnya tutup sisi yang belum dijahit tadi dengan rapi. Anda juga bisa membuat bentuk lain seperti pisang, stroberi, beruang, lumba-lumba, dan lain-lain sesuai kreasi Anda.

Back to Top