Aneka Game untuk Manula

Aneka Game untuk Manula

Game Comments Off 42

Siapa bilang aneka game yang ada sekarang hanya dibuat untuk anak-anak dan remaja? Karena sesungguhnya manula pun bisa bermain game yang bermanfaat untuk melatih kinerja otak. Bagi lansia game yang dipilih haruslah yang memiliki jenis permainan yang mampu untuk melatih kemampuan otak sehingga akan dapat mempertajam kemampuan kognitif pada lansia. Dengan bermain secara teratur, maka para lansia akan mendapat manfaat dari permainan tersebut, selain membuat otak tetap sehat juga dapat memberikan efek senang bagi lansia karena ketika bermain lansia tersebut dapat saling berkomunikasi dan bercanda dengan teman bermainnya.

 

Aneka Game untuk ManulaAdapun aneka game yang dapat dilakukan bagi para lansia adalah yang pertama permainan memori, permainan ini para lansia hanya perlu untuk mengingat nama benda ataupun hal lain sesuai urutan tertentu dan memberitahu teman bermainnya mengenai apa yang diingat tersebut pada saat gilirannya dimulai. Cara ini adalah cara yang menyenangkan untuk melatih serta meningkatan daya ingat para lansia. Ketika bermain akan banyak bagian otak yang bertanggungjawab dalam mengambil dan menyimpan informasi akan terstimulus. Semakin sering terstimulus maka kemampuan otak dalam mengingat akan semakin baik. Sebenarnya cara ini adalah permainan yang klasik, namun melalui cara ini akan efektif untuk menguji dan meningkatkan kemampuan manula dalam mengingat berbagai hal. Permainan kedua adalah bermain catur, permainan ini adalah permainan yang popular untuk digunakan meningkatkan keterampilan kognitif para manula. Permainan ini memerlukan strategi untuk mengalahkan lawan, dengan begitu otak akan dilatih untuk memikirkan cara agar mampu memenangkan permainan. Permainan ini juga akan mampu untuk melatih otak berpikir secara analitis dan kritis serta kemampuan memvisualisasi permainan. Selain itu permainan ini akan mampu untuk meningkatkan kemampuan dan ketajaman mental para manula.

 

Aneka game selanjutnya yang dapat dimainkan adalah teka-teki silang ataupun sudoku. Kedua permainan tersebut memiliki karakteristik yang sama, di mana untuk memenangkan permainan ini pemain harus mampu untuk mengisi bagian-bagian yang masih kosong dengan jawaban yang tepat. Melalui permainan ini maka akan membantu mengaktifkan bagian dari otak yang mampu untuk menemukan kata-kata ataupun angka. Melalui permainan ini maka maka akan menjaga otak agar tetap tajam. Dimana otak harus berpikir keras untuk menemukan kata ataupun angka yang sesuai untuk ditempatkan pada bagian yang masih kosong. Permainan yang selanjutnya adalah kubus rubik, permainan ini sangat baik untuk mengasah kemampuan konitif manula serta meningkatkan kemampuan otak. Kubus yang memiliki enam sisi di mana pada masing-masing sisi terdapat Sembilan persegi kecil, dan setiap sisi memiliki warna yang berbeda. Tujuan permainan ini adalah membuat setiap sisi dari kubus memiliki warna yang sama atau sesuai.

Back to Top